Adsense Link 728 X 15;

EASEUS, Tools Mudah Untuk Membuat Partisi

Posted by Unknown Wednesday, August 1, 2012 0 comments
Adsense Content. recommended 336 X 300

Telah banyak bermunculan aplikasi pihak ke tiga untuk membuat volume disk yang baru. Tapi tahukan Anda? bahwa dengan sedikit kesalahan dari tools tersebut dapat menyebabkan komputer menjadi lelet. Apalagi jika volume yang di buat tidak clean sheet dari volume dasar.
Easus
Oleh karena itu, FastNCheap akan membagikan salah satu tutorial mudah untuk anda ikuti. Tentu saja masih dengan menggunakan aplikasi, tapi aplikasi kali ini berbeda dan mempunyai daya tarik tersendiri. Sebelum berlanjut kepada tutorialnya, Anda bisa terlebih dahulu men-download Easeus dihttp://www.partition-tool.com/personal.htm. Selanjutnya, kita akan mulai meng-installnya. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Klik dua kali pada file program Easus yang baru saja Anda download sebelumnya.
File Program Easus Partition Manager Setup.

  • Dilanjutkan dengan meng- klik Next untuk menginstall program tersebut.
Halaman installer pertama.
  • Lalu terima penyataan lisensi program dan selanjutnya klik Next.
Halaman penyataan lisensi program.
  • Jika sudah selesai, Selanjutnya klik next jika ada permintaan, sampai proses instalasi selesai dengan munculnya halaman yang menyatakan instalasi berhasil. Dan klik tombol Finish untuk keluar dari installer.Instalasi selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat menjalankan program tersebut dengan mengklik ikon program di desktop dua kali.Icon program di Windows Desktop.
  • Setelah itu program akan berjalan, dan tampak seperti gambar dibawah ini:Tampilan program Easus Partition Manager.
  • Untuk membuat sebuah partisi baru yang akan diperuntukan untuk Ubuntu, caranya pada grafis harddiskklik kanan kemudian pilih menu Resize/Move, seperti tampak pada gambar dibawah ini.Merubah partisi yang sudah ada.
  • Setelah itu geser tanda panah disebelah kanan ke kiri atau ke kanan disesuaikan dengan kebutuhan besarnya partisi yang akan Anda buat. Pada contoh gambar dibawah saya mencoba membuat partisi baru sebesar 10 GB.Menentukan besarnya partisi baru.
  • Setelah selesai maka tampilan grafis harddisk akan tampak seperti gambar dibawah ini.Tampilan layout partisi yang baru dibuat.
  • Untuk menyimpan perubahan layout di atas, klik icon Apply seperti gambar dibawah ini:Tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi partisi baru.
  • Kemudian program akan meminta Anda untuk menerapkan perubahan tersebut dengan meminta Anda melakukan konfirmasi untuk merestart komputer. Klik Yes untuk mengkonfirmasi hal tersebut.Window konfirmasi perubahan.
  • Kemudian Windows akan langsung restart, dan proses merubah layout partisi windows akan berjalan seperti gambar dibawah ini:
Proses perubahan partisi sedang berlangsung.
  • Setelah semuanya selesai, Anda bisa melihat bentuk partisi harddisk komputer Anda sekarang dari program disk management di Windows. Tampilan seharusnya akan seperti gambar dibawah ini:tampilan partisi yang sudah dipersiapkan di Disk Manager Windows XP.
Hal ini sangat cocok buat Anda yang sering kebingungan membuat partisi untuk meng- install dual OS. Misalnya uBuntu dan Windows XP, Untuk Windows XP kebawah, membuat partisi harddisknya diperlukan program pihak ketiga, salah satunya adalah Easeus ini. Selamat mencobanya!


Adsense Content. bottom of article

0 comments:

Post a Comment